Pages

August 20, 2011

Tips: Perlukah Bawa Pulang Toiletries di Hotel?

toiletries

Gara-gara semalem di twitter @TrinityTraveler melempar twitsurvey tentang perilaku orang-orang kalo nginep di hotel, gue jadi gatel pengen nulis di blog. Berikut pertanyaan survey-nya: “Kalo nginep di hotel, apakah kamu suka ngembat botol2 toiletries?”

Dan dari hasil survey-nya, dia mendapatkan hasil berikut:
- 98% org ngembat #baranghotel berupa toiletries (sabun, sampo, conditioner, lotion). #twitsurvey
- 2% yg ga ngembat #baranghotel alasennya krn udah insaf krn ujung2nya ga kepake, menuh2in tas, ga cocok ama kulit.
- 75% org mengaku #baranghotel yg jg diembat adlh sendal!
- #baranghotel yg plg parah diembat follower sy adlh asbak, handuk, kimono, bantal, dan keset!
- 25% mengaku akan ngembat #baranghotel brupa toiletries bila merk branded, botolnya unik, wangi harum, dr hotel bintang 4-5.
- Selain toiletries, #baranghotel lain yg sering diembat: notes, pulpen, laundry bag, tisu, korek, kopi, teh, gula.
- Yg ngembat #baranghotel brupa toiletries alasannya krn: utk koleksi n utk dibawa traveling krn kecil.
- Alasan #baranghotel berupa sendal diembat krn: utk dipake sndr, utk oleh2, n diminta ibu!

It’s predictable, tapi lucu juga kalo dipikir-pikir. Dan yang ga nyangka lagi ada loh yang ngambil asbak, handuk, kimono, keset, bahkan BANTAL!! Ebuset itu nginep di hotel apa nginep di hypermart yak?? Plis don’t try this at hom!

Kalo gue sendiri? Emm, gue ngambil tapi selektif. Kenapa selektif? Karena dulu saat awal-awal business traveling dan mulai mengharuskan nginep di hotel, gue sering bawa pulang botol-botol sampo dan sabun itu. Tapi sayangnya berakhir dengan tidak terpakai di rumah dan dibuang. Ga kepake karena begitu nyampe rumah, udah ada sampo dan sabun yang lebih cocok wangi dan kualitasnya, jadi ya ngapain pake sampo dan sabun hasil ngambil di hotel. Karena merasa barang-barang itu mubazir, jadi insaf lah gue.

Setelah itu, gue mulai mikir kalo emang pengen bawa pulang toiletries, seharusnya yang bisa berguna nanti. Kalau dipikir-pikir, toiletries itu akan berguna dalam keadaan “ga ada pilihan lain aja”. Artinya barang-barang itu akan terpakai saat kita lagi traveling jauh dari rumah dimana kita ga bawa sabun n sampo kita. Dari situ lah gue memutuskan untuk mulai selektif ngambil toiletries, selektif untuk sabun n sampo yang bisa dibawa traveling lagi nanti, terumata untuk traveling genre backpacking. Kenapa genre backpacking aja? Karena menurut gue backpacking kita biasanya terbatas ga bisa bawa sabun n sampo kita sendiri yang kemasannya biasanya gedhe (>100ml). Plus, kalo backpacking hampir 75% ga nginep di hotel yang memberikan fasilitas toiletries lengkap, jadi untuk jaga-jaga bawa sendiri deh.

Nah, kalo emang pengen bawa pulang toiletries dari hotel biar nantinya tetep bisa dibawa pas backpacking, pakai kriteria ini:
1. Pilih yang memang 90% kemungkinan akan terpakai. Artinya jangan ambil cukuran kalo ga punya jenggot dan hampir jarang banget cukuran, jangan ambil alat jahit kalo ga bisa njahit.
2. Fokus aja sama max 3 item. Kalo gue yang pasti kepake (entah isinya atau kemasannya aja) adalah sampo, sabun, dan cukuran.
3. Kalo ngincer kemasannya (ini penting), pastikan lo pilih kemasan dengan tutup ulir, kenceng, dan kemasan ramping.
4. Hindari ngambil yang tutupnya pop-up, biasanya ga kenceng dan gampang tumpah. Kalo ini terjadi cuma akan menghancurkan backpacking kita di kemudian hari.
5. Hindari ngambil yang kemasannya ga ramping karena bakal ga kepake ujung-ujungnya nanti (percaya deh!).
6. Terakhir dan yang terpenting, ambil barang-barang yang memang diperbolehkan untuk diambil. Membawa pulang sendal (di beberapa hotel), handuk, keset, apalagi bantal sangat tidak disarankan!

Semoga berguna.. :)

2 comments:

MaYaNG's said...

kalo papa saya pasti ngembat the dilmah nya hotel. *lumayannnnn,,*

Glitchy Aqua said...

Astaga ada ada aja -_- miris bgt