Pages

August 15, 2011

One Accident is One Too Many

1131636_79596033

Pagi ini gue chat sama pacar gue.
Tiba-tiba dia tanya, “Mas tau ga kejadian kecelakaan yg menewaskan 2 anak SMA kemaren sabtu?”
Gue jawab, “Ga tau, kecelakaan apa?”
Setelah itu dia jelasin kejadian dgn beberapa kalimat, dan diakhiri dgn kalimat ini, “Yang meninggal sempet ngetweet sebelum kecelakaan yang isinya dia dibawa ngebut sama temennya yg adalah sopirnya”
Sontak gue langsung mencoba cari beritanya di detikcom. Dan akhirnya gue tahu kronologis kejadian versi detikcom. Innalillahi wainailaihi roji’un. Semoga arwah almarhumah diterima di sisi-Nya.

Gue rasa kejadian macam ini beberapa kali kita baca di media. Mungkin sering juga kita lihat berita yang isinya kecelakaan karena ngebut lah, karena ngantuk lah, karena nyetir sambil texting lah. Well, tapi bukan berarti hal yang sering itu bisa dibenarkan kan? Dan daripada mengutuk-ngutuk entah siapa yang bertanggung jawab atas semua kecelakaan itu, gue mengajak semua untuk merenung sejenak dan berkaca apakah selama ini kita udah bertindak benar.

Gue pengen sharing ke lo semua. Gue pengen lo liat video yang sejujurnya telah mengubah cara gue berkendara.

Di kantor gue, gue pernah ikut sesi road safety awareness, dan saat sesi itu gue diliatin satu video dokumenter tentang kecelakaan yang menurut gue adalah video dokumenter yang paling gue inget so far. Bukan karena kecelakaannya yang serem. Bukan juga karena critanya yang dramatis. Melainkan karena kecelakaan-kecelakaan itu diawali sesuatu yang mungkin tanpa kita sadari biasa kita lakukan, texting. Ya, texting, atau disini kita kenal dgn sms-an. Tapi gue ga mau crita panjang lebar. Lebih baik lo liat aja videonya.

“Yeah”, ”lol”, ”where r”, ”where u at” adalah kata-kata yang ga lucu dan keren lagi tuk dikatakan, ditulis, atau dibaca, kalo kata-kata itu berujung dengan hilangnya nyawa sendiri atau nyawa orang lain. Ingat-ingatlah kalimat terakhir diujung video dokumenter itu, “TXTING & DRIVING, IT CAN WAIT!”

Akhir kata, gue pernah baca satu kalimat yang jadi safety-campaign tagline dari seorang CEO sebuah multinasional company, yang menurut gue filosofinya dalem banget.

“One Accident is One Too Many!”

Ya, kita memang ga pernah tau hidup kita seperti apa. Tapi yang jelas, untuk hidup siapa pun, satu kecelakaan itu sudah terlalu banyak!

So, let’s do our own efforts to prevent any accident that may happen around us.
Stop speeding!
Focus when you’re driving!
Stop texting & phone-calling while driving!
Texting & phone-calling can wait!


Picture is taken from http://www.sxc.hu/profile/mzacha

No comments: