Pages

June 29, 2009

Kaliurang... Efek GLOBAL WARMING??!!!

Jogja, Hari Minggu, 28 Juni 09..

Akhir juni yang mulanya berniat saya habiskan tanpa ada agenda cuti akhirnya batal.. mengingat masih punya jatah cuti yang wajib dihabiskan, akhirnya saya habiskan tanggal 28-30 juni di kota kelahiran...Jogja!

Hari itu, minggu, akhirnya ada temen di jogja (sebut saja putri) yang kebetulan lagi pengen refreshing juga, dan akhirnya kita berdua memutuskan untuk refreshing bareng dengan mengunjungi salah satu museum seni budaya jogja di kaliurang, Museum Ulen Sentalu.

Disaat perjalanan menuju ke kaliurang..sampailah di KM17 dimana si putri tiba2 nyletuk :
"Udah berapa lama ya aku ga ke kaliurang?"
"Kayanya terakhir kali ke kaliurang, perjalanannya ga sepanas ini deh.." [that's about end of 2006]

Kalimat itu ga disangka, menyadarkan saya akan kenyataan kalo suhu siang itu memang udah kelewat panas untuk ukuran Jalan Kaliurang Km atas..
Hhhh...apakah global warming udah nyampe ke kaliurang?? Saya jadi berpikir apakah 5 tahun lagi suhu kaliurang udah sama dengan suhu di kota jogja... Noooo!!!
Kenapa makin lama pengaruh global warming makin terasa saja.. dan hari itu saya saksikan dengan mata kepala sendiri betapa kaliurang yang dulu (karena dinginnya) selalu mewajibkan kita memakai jaket, sekarang bahkan dengan kaos oblong pun, masih terasa tidak dingin...

Hari itu pun saya sadari, dengan kondisi kaliurang sekarang ini, minat saya untuk jalan2 di daerah kaliurang tidak sebesar dulu lagi.. Akankan orang2 masih berminat untuk berwisata ke kaliurang kalo dinginnya kaliurang sudah hilang??
Pertanyaan ini akan terjawab +/- 5 taun lagi...!!

Kalioerang... kalioerang... riwajatmoe doeloe...
Dan yg terpenting, mari kita tanyakan pada diri kita sendiri, apakah yg bisa kita lakukan untuk berkontribusi tidak memperparah Global Warming??

No comments: